ALOKASI WAKTU : 6 X 40 Menit
M. Yakub
DIKLAT IPS SMP JENJANG LANJUT P 4 T K MALANG
18 – 31 Maret 2008
MATA PELAJARAN : I P S
KELAS / SEMESTER : VIII / I
TEMA : SUMBER DAYA ALAM NEGERIKU
SUB TEMA : ALAM NEGERIKU
ALOKASI WAKTU : 6 X 40 MENIT
- PETUNJUK BELAJAR SISWA :
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu berikut ini :
KOLAM SUSU
Bukan lautan hanya kolam susu Kail dan jala cukup menghidupimu Tiada badai tiada topan kau temui Ikan dan udang menghampiri dirimu Orang bilang tanah kita tanah surga Tongkat kayu dan batu jadi tanaman Orang bilang tanah kita tanah surga Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
|
|
B. KOMPETENSI DASAR YANG INGIN DICAPAI :
1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk.
2. Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV / Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
3. Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
4. Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
5. Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
Kompetensi dasar :
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator :
§ Menunjukkan letak geografis wilayah Indonesia
§ Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim
§ Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim
§ Menyajikan persebaran tipe flora dan fauna
§ Menyajikan persebaran jenis tanah
Kompetensi dasar :
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah
Indikator :
§ Mendeskripsikan proses kedatangan bangsa Barat
§ Mendeskripsikan kebijakan pemerintah kolonial dan pengaruhnya terhadap kehidupan rakyat di berbagai daerah
Kompetensi dasar :
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV / Aids,
P S K dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga
dan masyarakat
Indikator :
§ Mengidentifikasi berbagai perilaku masyarakat dalam penggunaan S D A yang tidak berwawasan lingkungan
Kompetensi dasar :
3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penympangan sosial dalam
Keluarga dan masyarakat.
Indikator :
§ Mengidentifkasi macam-macam penyakit sosial
§ Mengidentifikasi berbagai upaya pencegahan penggunaan SDA yang tidak berwawasan lingkungan.
§ Menyimpulkan dampak penyakit social terhadap kehidupan masyarakat disekitar.
Kompetensi Dasar.
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya alam dengan
Kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Indikator :
§ Mengidentifikasi persebaran S D A yang tidak merata
§ Mengidentifikasi akibat yang ditimbulkan oleh tidak meratanya sumber daya alam
BAGAN JARINGAN TEMA :
EKONOMI S K : 4 Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
K D : 4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas Indikator :
|
GEOGRAFI S K: 1 Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk K D : 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik dan wilayah Indikator :
|
|
SOSIOLOGI S K : 3 Memahami masalah penyimpangan sosial
K D : 3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga & masyarakat Indikator :
K D : 3.2 Mengidentifikasi berbagai upaya pence- gahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
SEJARAH S K : 2 Memahami proses kebangkitan nasional K D : 2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah Indikator :
|
C. MATERI
POTENSI SUMBER DAYA NEGERIKU
|
|
||||
Puncak Cartenz, Papua Ngarai Sianok, Sumbar
Gambar ilustrasi salah satu kekayaan alam di Indonesia
I. Pengertian.
Sumber Daya Alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Persebaran sumber daya alam di setiap negara tidak merata. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi fisik wilayah negara tersebut. Indonesia merupakan suatu negara yang banyak memiliki sumber daya alam. Faktor yang mempengaruhinya adalah : (1). Kondisi fisik wilayah, (2). Posisi wilayah. (3).flora fauna, (4) jenis tanah yang beragam.
1.Kondisi Fisik Wilayah Indonesia.
1.1 Letak Geografis Indonesia.
|
Sumber : Ensiklopedia Encarta
Letak Geografis Indonesia adalah letak suatu wilayah dilihat dari kenyataannya di bumi atau wilayah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi wilayah lain. Letak Geografis ditentukan pula oleh letak astronomis dan letak geologis. Jadi kalau kita lihat secara geografis, posisi Indonesia sebagai berikut :
a. Indonesia terletak antara 6 LU – 11 LS dan 95 BT – 141 BT
b. Berada diantara Benua Asia dan Benua Australia
c. Berada diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia
d. Pada pertemuan dua rangkaian pegunungan, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.
Letak geografis yang demikian menjadikan Indonesia pada posisi silang ( Cross Position )
yang strategis dan menguntungkan. Pengaruh letak geografis terhadap kondisi Indonesia antara
lain :
- Indonesia beriklim tropis yang panasnya merata sepanjang tahun, mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.Hal ini menyebabkan kegiatan pertanian,peternakan,perikanan dapat berlangsung sepanjang tahun.
- Karena terletak diantara dua benua besar menyebabkan Indonesia memiliki iklim musim atau muson tropis yang bergantian setiap 6 bulan sekali.
- Letak di antara dua samudera mengakibatkan Indonesia beriklim laut, memiliki sumber
sumber barang tambang, dan pelayarannya sangat ramai.
- Indonesia terletak pada lipatan pegunungan muda, hal ini memungkinkan terdapatnya
sumber – sumber mineral seperti batubara, besi, nikel dan sebagainya.
- Indonesia terletak di antara negara – negara yang berkembang dan sedang berkembang
yang sama – sama ingin menciptakan kemakmuran bangsanya. Hal ini berarti Indonesia mempunyai banyak teman kerja sama dalam pembangunan.
Letak strategis Indonesia dengan iklim musim yaitu musm kemarau dan penghujan menjadikan tumbuhnya budaya dalam bentuk cara berpakaian, pola makanan, pola mencari nafkah sesuai dengan musim tersebut.
Namun letak yang strategis ini tidak hanya memberikan keuntungan tetapi juga menimbulkan berbagai ancaman dan kerawanan yang dapat mengakibatkan kerugian dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya maupun pertahanan dan keamanan
1. 2. Hubungan Posisi Geografis dengan Perubahan Musim di Indonesia
Wilayah Indonesia yang diapit oleh dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, kedua benua tersebut mempunyai pengaruh yang besar terhadap perubahan musim di Indonesia. Adanya pergerakan semu matahari menyebabkan perbedaan tekanan udara di kedua
Benua tersebut yang selanjutnya menyebabkan terjadinya angin muson/ angin musim di Indonesia.
Angin muson yang melalui Indonesia terjadi karena perbedaan musim dingin dan musim panas di Benua Asia dan Benua Australia. Antara bulan Oktober – Maret, di daratan Asia ber-
langsung musim dingin dan di Australia musim panas. Maka di Asia terjadi tekanan udara tinggi ( maksimum ), sedangkan di Australia tekanan udaranya rendah ( minimum ). Dengan
demikian angin akan bertiup dari Asia ke Australia, angin ini adalah angin muson timur laut.
Setelah melewati khatulistiwa, angin muson dibelokkan arahnya ke kiri, sehingga menjadi angin muson barat laut. Pembelokan arah angin yang melewati khatulistiwa disebabkan oleh rotasi dan revolusi bumi dari barat ke timur.
Angin muson timur laut yang melewati lautan yang luas yaitu Samudera Hindia banyak mengandung uap air dari laut yang kemudian mendatangkan hujan lebat di Kalimantan,Sumatera,Jawa, dan Sulawesi, sehingga pada bulan Oktober – Maret merupakan musim penghujan di pulau – pulau tersebut.
Antara bulan April – September berlangsung musim dingin di Australia dan musim panas
di Asia. Angin muson tenggara bertiup dari pusat tekanan udara tinggi di Australia menuju pusat tekanan udara rendah di daratan Asia. Setelah melewati khatulistiwa, arahnya dibelokkan ke kanan dan menjadi angin muson barat daya.
Angin muson tenggara melewati gurun yang luas kering dan panas di Australia, sehingga tidak banyak mengandung banyak uap air dan tidak banyak mendatangkan hujan di Indonesia,pada saat itu Indonesia mengalami musim kemarau.
Daerah di Indonesia yang musim hujan dan musim kemaraunya tidak dipengaruhi oleh angin muson adalah tempat-tempat di sepanjang khatulistiwa, seperti Pontianak dan Balikpapan. Di kedua kota ini hujan turun sepanjang tahu
Gambar : A. Angin muson barat, bertiup antara bulan Oktober – Maret
B. Angin Muson Timur, bertiup antara bulan April – September
|
A B
Sumber : Wikipedia
Penyebab Terjadinya Perubahan Musim di Indonesia
Faktor mendasar yang mengakibatkan terjadinya perubahan musim di Indonesia adalah :
a. Suhu rata – rata tahunan yang tinggi dan amplitudo suhu tahunan yang kecil
b. Terletak antara dua benua , benua yang satu terletak di belahan bumi utara ( Asia ) dan yang lain di belahan bumi selatan ( Australia ), menyebabkan Indonesia dipengaruhui angin muson yang mengakibatkan musim hujan dan musim kemarau di Indonesia.
c. Karena Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi laut, maka kelembaban rata-
rata tinggi berkisar antara 70 % -80 %
d Perubahan antara musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya mengakibatkan musim pancaroba yaitu Musim Mareng (perubahan dari musim penghujan ke kemarau ) dan Musim Laboh ( perubahan dari musim kemarau ke penghujan ).
1.3.Persebaran Tipe Flora dan Fauna Indonesia
Berdasarkan pendekartan Biogeografi, kekayaan hayati Indonesia dibagi menjadi dua kelompok yaitu Asiatis dan Australis.
a. Flora Indonesia.
Faktor – faktor yang mempengaruhi keragaman flora di Indonesia adalah :
1. Iklim
2. Keadaan tanah
3. Relief
4. Migrasi spesies tumbuhan dari Asia ke Australia atau sebaliknya
5. Faktor biotik ( manusia dan hewan )
Persebaran flora di Indonesia dapat terjadi secara horisontal ( berdasarkan curah hujan ) dan vertikal ( berdasarkan ketinggian tempat ).
Persebaran flora berdasarkan curah hujan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
a. Hutan Hujan tropis
Terdapat di daerah yang curah hujannya tinggi tidak kurang dari 2000 mm /tahun.
Ciri – cirinya : sangat lebat, daunnya selalu hijau sepanjang tahun, tumbuhannya heterogen, banyak terdapat tumbuhan merambat. Hutan jenis ini terdapat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
b. Hutan Musim
Dijumpai di daerah yang suhu udaranya tinggi dan mempunyai perbedaan musim hujan dan kemarau yang nyata. Cirinya : di musim kemarau pohonnya meranggas dan musim hujan daunnya menghijau kembali. Banyak terdapat di Jateng,Jatim ,Nusa Tenggara.
c. Sabana
Yaitu padang rumput diselingi semak – semak, banyak terdapat di daerah yang curah hujannya rendah. Hutan sabana banyak terdapat di dataran tinggi Gayo (NAD), dan Madura .
d. Stepa
Yaitu padang rumput yang luas. Banyak terdapat di NTB,NTT, dan lembah Palu.
Daerah ini sangat berpotensi untuk daerah peternakan sapi, kuda, kambing.
e. Mangrove ( hutan bakau )
Banyak terdapat di daerah pantai utara Jawa, pantai timur Sumatera dan Riau.
|
Sumber : Ensiklopedia Encarta
Gambar hutan hujan tropis
Persebaran Flora berdasarkan ketinggian tempat seperti dikemukakan oleh Junghun sebagai berikut :
a. Ketinggian 0 – 650 meter.
Pada daerah yang berdekatan dengan laut, banyak terdapat hutan bakau, pohon nipah
dan pandan.Untuk daerah yang berdekatan dengan daratan, banyak terdapat kelapa , kelapa sawit , padi , jagung.
b. Ketinggian 650 – 1500 meter
Banyak terdapat tanaman aren, pinang , kopi.
c. Ketingguan 1500 – 2500 meter
Banyak terdapat tanaman the, cemara, dan kina
d. Ketinggian > 2500 meter
Hanya terdapat lumut dan Edelweis.
b. Fauna Indonesia
Berdasarkan garis pembatas fauna, Fauna Indonesia dibagi atas 3 wilayah , yaitu : Fauna Indonesia Barat ( Tipe Asiatis ) , Fauna Indonesia Bagian Tengah ( Tipe Peralihan ) dan Fauna Indonesia Timur ( Tipe Australis ).
|
Sumber : Wikipedia
Salah satu fauna tipe Asiatik
1. Fauna Indonesia Bagian Barat/Tipe Asiatis
Berciri : binatangnya besar-besar & menyusui,terdapat bermacam-macam kera.
Burung berwarna. Contoh : harimau, gajah, beruang
2. Fauna Indonesia Bagian Tengah/Tipe Peralihan
Berciri : hewan endemis ( hewan asli daerah tersebut ), termasuk hewan langka.
Contoh : komodo, anoa, babi rusa,
3. Fauna Indonesia Bagian Timur / Tipe Australis
Berciri : binatang kecil menyusui, jenis burung-burung berwarna, banyak tumbuhan
Berkantong. Contohnya : Kanguru, tikus dan musang berkantong,burung Merak,Kasuari.
Daerah fauna Indonesia bagian barat dengan tengah dibatasi garis wallace , sedangkan fauna Indonesia bagian tengah dan timur dibatasi garis weber.
Penyebaran flora dan fauna di Indonesia dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tetapi eksploitasi yang tidak memperhitungkan proses regenerasi dan reboisasi membuat kerusakan lingkungan. Sehingga budaya pelestarian lingkungan menjadi prioritas utama.
1.4.Jenis dan Persebaran Tanah di Indonesia
Tanah adalah persebaran kulit bumi paling atas yang terdiri dari batuan yang telah lapuk, udara, dan sisa-sisa organisme.Sifat tanah berbeda-beda pada setiap tempat, tergantung pada faktor pembentuknya di alam.
Adapun bahan pembentuk tanah dapat dilihat pada skema di bawah ini.
|
BATUAN INDUK mempengaruhi : § Permeabilitas § Kandungan mineral § keasaman dan kebasaan tanah § Kedalaman, warna, tekstur tanah |
TOPOGRAFI § Ketinggian mempengaruhi temperatur dan curah hujan § Kecuraman lereng mempengaruhi kecepatan aliran dan kedalaman lapisan tanah |
IKLIM § Curah hujan mempengaruhi jenis tumbuhan dan pergerakan air dalam tanah § Temperatur mempengaruhi cuaca. Cuaca mempengaruhi kecepatan pelapukan tumbuhan dan pembentukan humus |
WAKTU § Diperlukan sekitar 3000 – 12000 tahun untuk membentuk lapisan tanah yang cukup baik untuk mendukung kegiatan pertanian |
TUMBUHAN DAN HEWAN Jenis tumbuhab, jenis hewan, dan mikro organisma mempengaruhi kecepatan pembentukan humus, daur ulang nutrien, dan percampuran antara udara dan humus dalam tanah |
|
Skema bahan pembentuk tanah
a. Jenis Tanah dan persebarannya di Indonesia
1. Tanah Vulkanik : berasal dari pelapukan material atau bahan-bahan yang berasal dari gunung api misalnya pasir,kerikil dan abu vulkanik. Tersebar di P. Jawa, Sumatera, Bali dan Maluku.
2. Tanah Podzolik : terbentuk dari endapan batuan yang mengandung kuarsa dan dipengaruhi oleh curah hujan tinggi, suhu rendah dan tumbuh-tumbuhan yang banyak.
Terdapat di Sumut, Kep. Riau, Bangka Belitung, Kalteng dan Papua.
3. Tanah Laterit : tanah yang tidak mengandung mineral karena mengalami proses pencucian. Warna tanah kekuning-kuningan, ada pula yang merah. Terdapat di Kalbar,
Gunung Kidul, Banten Selatan, Malang Selatan dan Pacitan.
4. Tanah Gambut : Terbentuk dari bahan organik yang berasal dari tumbuhan rawa
yang telah membusuk, kurang subur dan memiliki kandungan asam tinggi. Terdapat di pantai timur Sumatera, pantai Kalimantan Selatan serta Papua.
5. Tanah Aluvial : berasal dari lumpur yang terbawa aliran sungai kemudian diendapkan.
Banyak terdapat di daerah dataran rendah.
6. Tanah Latosol : tanah yang terbentuk karena tekanan, suhu dan curah hujan yang
relatif tinggi. Banyak terdapat di Sumut dan Sumbar, Lampung, Jabar, Bali, Kalteng dan Papua.
7. Tanah Grumusol : berasal dari abu vulkani dan tanah liat yang berada di daerah curah
Hujan tahunan antara 1000 – 2000 mm/tahun. Banyak terdapat di Jateng, Jatim, Madura, Sulawesi selatan.
8. Tanah Kapur : berasal dari batu kapur yang mengalami pelapukan . Tersebar di bukit
Kapur Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi , Maluku dan Papua.
9. Tanah Pasir : terbentuk dari batuan beku dan batuan sedimen yang mengalami
Pelapukan. Cirinya berpasir, berkerikil dan butirannya kasar. Terdapat di pantai barat
Sumatera, Sulawesi dan Jatim.
9. Mergel : merupakan campuran pelarutan kapur, pasir dan tanah ,liat.Terdapat di
Madiun, Nusa Tenggara
10. Tanah Humus : berasal dari tumbuhan yang mengalami pelapukan.Terdapat di hutan
lebat.
11. Tanah Regosol : bahan induknya adalah abu vulkanik, pasir pantai. Pembentuk-
annya tidak dipengaruhi iklim. Penggunaan tanah ini untuk persawahan palawija
tebu, tembakau, dan sayuran. Terdapat di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Nusa
tenggara
|
Sumber : Ensiklopedia Wikipedia
Contoh macam-macam jenis tanah laterit dan lapisannya dalam satu lokasi
II. KELANGKAAN SUMDER DAYA
1. Pengertian.
Kelangkaan sumber daya alam adalah ketidakseimbangan antara keinginan manusia untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan dengan ketersediaan sumber daya alam.
2. Faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan sumber daya alam.
a. Jumlahnya ketersediannya terbatas. Contoh : emas.
b. Sukar untuk memperolehnya. Contoh :Uranium yang hanya ada di daerah tertetu
B. Banyak yang membutuhkan. Contoh : minyak bumi.
C. Persebaran sumber daya yang tidak merata
1. Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan sumber daya, yaitu antara lain dengan cara :
a. Membuat skala prioritas kebutuhan.
Skala prioritas kebutuhan adalah suatu daftar tentang berbagai macam kebutuhan hidup yang ditetapkan berdasarkan tingkat kepentingan atau pertimbangan tertentu.
b. Berlaku arif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya.
Dengan berlaku arif dan bijaksana manusia bisa memanfaatkan sumberdaya alam secara efektif dan efisien. Efektif artinya memanfaatkan sumber daya harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Efisien artimnya tidak melakukan pemborosan dalam memanfaatkan sumber daya. Contoh : menggunakan energi listrik secara hemat, lahan pertanian dikelola secara intensifikasi dan diversifikasi, mendaur ulang barang bekas yang bisa memiliki nilai guna.
c. Budaya membangun lingkungan dengan memperhatikan regenerasi dan reboisasi sehingga kelangsungan hidup terpelihara.
III. BERBAGAI PERILAKU MANUSIA TERHADAP SUMBER DAYA ALAM
1. Perilaku manusia dalam mengelola sumber daya alam.
Dalam kehidupan manusia sehari-hari tidak akan lepas dari pemanfaatan sumber daya alam. Seringkali manusia dalam memanfaatkan alam tidak memperhitungkan pelestariannya, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan..
Kerusakan lingkungan adalah berubahnya sifat-sifat lingkungan yang mengakibatkan fungsi (kegunaan) lingkungan dalam meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan atau ndalam menunjang pembangunan menjadi berkurang.
Secara umum kerusakan lingkungan disebabkan oleh 2 faktor, yaitu :
a. Faktor internal.
Adalah kerusakan yang berasal dari dalam bumi atau dari alam itu sendiri. Faktor ini dapat terjadi karena :
1. Letusan gunung api.
2. Gempa bumi.
b. Faktor eksternal.
Adalah kerusakan yang disebabkan oleh ulah manusia dalam rangka meningkatkan kualitas kualitas dan kenyamanan hidupnya. Faktor ini disebabkan oleh :
1. Pencemaran udara.
2. Pencemaran air.
3. Pencemaran tanah.
4. Penambangan.
2. Perilaku manusia yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup (sumber daya alam)
a. Penebangan hutan untuk keperluan pemukiman dan tanah pertanian baru secara tidak hati-hati dan tanpa memperhitungkan untung ruginya. Sehingga mengakibatkan terjadinya banjir,longsor, erosi, berkurangnya air tanah.
b. Perpindahan penduduk dalam jumlah yang besar dari desa ke kota-kota yang telah padat sekali penduduknya.
c. Penangkapan ikan di laut dangkal (sekitar pantai) secara besar-besaran tanpa mempertimbangkan regenerasi ikan.
3. Usaha pencegahan perusakan lingkungan hidup.
Usaha pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan di Indonesia mengacu pada UU no. 23 tahun 1997, yaitu “pelestarian lingkungan hidup adalah rangkaian upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan atau dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan agar tetap mampu mendukung peri kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya”. Dengan demikian upaya pelestarian lingkungan tersebut dilakukan agar kekayaan lingkungan hidup dapat berlanjut selama mungkin. Selain itu agar kekayaan alam dapat dinikmati oleh generasi saat ini dan juga generasi yang akan datang.
Agar fungsi lingkungan hidup tetap menunjang pembangunan yang berkesinambungan untuk generasi sekarang maupun generasi mendatang, perlu dilakukan usaha-usaha perbaikan dan pencegahan kerusakan lingkungan. Usaha tersebut antara lain :
a. Reboisasi, penghijauan dan rehabilitasi hutan.
1). Reboisasi adalah penanaman kembali hutan-hutan yang gundul dengan jenis
tanaman keras
2). Penghijauan adalah usaha menghutankan tanah milik penduduk dengan tanaman
3). Rehabilitasi hutan merupakan usaha perbaikan hutan dengan cara mengganti tanaman yang sudah rusak, mati atau tua.
b. Pengawetan tanah guna mempertahankan kesuburannya.
Kesuburan tanah dapat dipertahankan dengan cara :
1). Memberi pupuk untuk menambah unsur hara dalam tanah.
2). Membuat pematang, parit,atau teras pada tanah yang miring untuk mencegah
erosi.
3). Mengubah cara penggunaan tanah terutama untuk tanah yang terlalu miring.
c. Pengawetan tanah guna menyimpan air.
Untuk mencegah atau mengurangi hilangnya air dari dalam tanah dilakukan dengan
Berikut :
1). Mengusahakan agar permukaan tanah selalu tertutup tanaman.
2). Menanam pohon-pohon besar (reboisasi dan penghijauan) pada tanah-tanahn yang
Tidak diolah.
e. Pengelolaan daerah aliran sungai.
Daerah aliran sungai daerah daerah di sepanjang sungai nyang keperluan airnya
Terutama untuk pertanian, Keberhasilan usaha reboisasi, penghijauan dan rehabilitasi di
Daerah hulu sungai.
f. Penertiban pembuangan sampah.
g. Penertiban pembuangan limbah industri.
Industri yang menghasilkan limbah yang beracun atau bahan kimia yang sulit hancur
Dikendalikan dengan berbagai peraturan yang ketat agar tidak menimbulkan
Pencemaran. Limbah limbah semacam ini sebelum dibuang perlu diolah kembali (di daur ulang) menjadi bahan baku yang tidak membahayakan kesehatan manusia.
b.PROSES PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT SERTA AKIBAT YANG DITIMBULKANNYA DI BERBAGAI DAERAH
1. LATAR BELAKANG KEHADIRAN BANGSA BARAT KE INDONESIA.
1. Kekayaan sumber daya alam Indonesia.
Sebelum bangsa – bangsa Barat datang ke Indonesia,jauh sebelimnya ,ereka telah mengenal kekayaan alam yang kita miliki (abad ke 15). Seperti kopi, lada, cengkeh, pala dan lain-lainnya. Setelah mencari rempah-rempah, bangsa Barat terdorong melakukan pelayaran untuk mencari kekayaan/ gold (sumberdaya alam), kejayaan/ Glory (nama besar), kemudian diikuti oleh keinginan untuk menyebarkan agama Nasrani ke dunia Timur (Gospel). Maka Gold, Glory dan Gospel dapat disimpulkan sebagai latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
2. Terputusnya hubungan dagang antara Timur dan Barat.
Pada mulanya bangsa Eropa memperoleh rempah-rempah dari Asia. Mereka memperolehnya dari para pedagang Islam di kawasan Laut Tengah. Namun setelah Constantinopel jatuh ke tangan Dinasti Utsmani (Ottoman) Turki tahun 1453, para pedagang Eropa tidak lagi memperoleh barang daganyannya dari Laut Tengah. Turki menutup jalur perdagangan Eropa di Laut Tengah. Hal ini mendorong para pedagang Eropa mencari jalan lain ke pusat penghasil rempah-rempah di Asia, termasuk Indonesia. Dengan demikian jatuhnya Constantinopel ke tangan Turki, telah mendorong bangsa Eropa datang ke Indonesia.
Kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia yang semula bermotif dagang mendapatkan sambutan yang positif dari bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukan tidak adanya konflik dari keduabelah fihak. Tetapi dengan berjalanya waktu, monopoli perdagangan serta keterlibatan bangsa Eropa dibidang politik dan pemerintahan telah menimbulkan peperangan yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban.
2. KEBIJAKAN-KEBIJAKAN KOLONIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP
MASYARAKAT INDONESIA
1. Masa Herman Willem Daendels (1808 – 1811).
a Melakukan pembangunan jalan raya Pos (Grotte Postweg) dari Anyer sampai Panarukan dengan meniru model VOC. Pemerintah Hindia Belanda memaksa penguasa-penguasa di Jawa mengerahkan rakyatnya untuk bekerja pada proyek raksasa tersebut.
Gambar di bawah menggambarkan jalan yang dibangun di bawah prakarsa Daendels (Jalan Raya Post Weg).
|
Sumber : Ensiklopedia Encarta
Sumber : Ensiklopedia Encarta
Dapatkah kalian menunjukkan pada peta rute jalur jalan raya Post Weg di
sepanjang pulau Jawa ?
b Mengenakan pajak yang tinggi kepada rakyat dengan tujuan untuk membiayai proyek jalan tersebut. Disamping untuk membiayai pasukan yang berjumlah 18.000 orang (sebagian besar pribumi). Pasukan tersebut dipekerjakan untuk membangun benteng pertahanan serta jaringan logistik lainnya.
c Melakukan intervensi atau ikut campur dalam urusan pemerintah keraton di Jawa serta memberi target pembangunan kepada para sultan
Pada tanggal 8 Agustus 1811, Inggris melakukan serangan terhadap kekuasaan
Daendels di Indonesia. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh sultan-sultan di Jawa untuk melakukan perlawanan terhadap Daendels. Inggris yang tidak suka terhadap Perancis berusaha merebut kekuasaan Perancis di daerah jajahannya. Kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh raja-raja di Jawa. Pasukan Inggris yang telah memiliki pangkalan dagang dan militer di Indonesia dan India dengan mudah mengalahkan pasukan Perancis dan Belanda di Indonesia. Sebanyak 60 kapal Inggris melakukan serangan ke Batavia.
Akhirnya tanggal 26 Agustus 1811, Batavia dan daerah daerah lainnya jatuh ke tangan Inggris. Keadaan ini disambut baik oleh raja-raja Jawa, antara lain Mangkunegaran dari Mataran yang sudah tidak suka dengan tindakan Daendels.
2. Masa Pemerintahan Thomas Stamford Raffles ( 1811-1816).
Setelah kekuasaan Daendels berakhir, Indonesia berada di bawah kekuasaan Inggris. Orang yang ditunjuk sebagai pemimpinnya adalah Thomas Stamford Raffles (1811-1816).
Pada masa Raffles, secara ekonomi Indonesia dijadikan sebagai bagian dari perusahaan dagang Inggris (EIC), yang berpusat di Calcutta ( India ). Tetapi secara politis, wilayah Indonesia berada di bawah pemerintahan Gubernur Jenderal Raffles dan bertanggung jawab terhadap terhadap Pemerintah Inggris.
Selama berkuasa di Indonesia Raffles melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut :
a. Menghapus sistem kerja paksa yang pernah diterapkan VOC, kecuali untuk daerah Priangan dan Jawa Tengah.
b. Menghapuskan Pelayaran Hongi yang telah diterapkan VOC.
c. Menghapuskan perbudakan.
d. Menghapuskan kewajiban penyerahan hasil bumi penduduk terhadap penguasa.
e. Membagi Pulau Jawa menjadi 16 Karesidenan.
f. Mengurangi kekuasaan para Bupati.
g. Menerapkan sistim Pengadilan dengan Sistem Juri.
h. Melaksanakan Landrent System dengan ketentuan :
1. Petani harus menyewa tanah yang digarapnya kepada pemerintah.
2. Besarnya sewa tanah bergantung pada keadaan tanah.
3. Pajak bumi ini harus dibayar dengan uang / beras.
4. Masyarakat yang bukan petani dikenakan pajak kepala.
3. MASA BERLAKUNYA KEMBALI PEMERINTAH KOLONIAL BELANDA
(MASA VAN DEN BOSCH DAN MASA POLITIK PINTU TERBUKA)
Pada tahun 1830, Pemerintah Belanda kembali berkuasa di bawah pimpinan Jendral Van Den Bosch, dengan memberlakukan Sistem Tanam Paksa / Cultuur stelsel / Culture system. Melalui sistem tersebut para petani di Jawa diminta untuk menanam tanaman yang wajib berupa tanaman perkebunan, seperti teh, kopi, tebu yang sangat laku di pasaran internasional.
Sistem Tanam Paksa bertujuan untuk menutupi kekosongan kas dan menutupi hutang-hutang VOC. Melalui Sistem Tanam Paksa produksi perkebunan untuk ekspor meningkat dengan cepat, namun ini menimbulkan penderitaan yang luar biasa terhadap rakyat Indonesia. Para pemimpin pribumi seperti bupati,wedana,dan camat menjadi agen Sistem Tanam Paksa, pemerintah Belanda bahkan memberikan cultuur procenten kepada mereka agar para pamong praja ini giat berusaha melipatgandakan hasil dari penerapan sistem ini. Akibatnya, timbullah penjajahan pribumi terhadap rakyatnya. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, menyebabkan penderitaan bagi warga desa adalah penderitaan yang jauh lebih buruk jika dibandingkan dengan masa sebelumnya. Akibat yang paling parah, di berbagai daerah terjadi bencana kelaparan dan mewabahnya berbagai penyakit.
Melihat buruknya akibat yang ditimbulkan dan kritikan yang sangat tajam dari kaum Liberal di negara Belanda sendiri terhadap sistem ini, akhirnya pemerintah kolonial menghentikan sistem tersebut pada tahun 1870. Sebagai penggantinya diberlakukanlah Sistem Politik Ekonomi Pintu Terbuka.
Sistem Politik Pintu Terbuka ini menimbulkan masalah, karena di satu sisi memberi kesempatan kepada investor asing untuk membuka lahan perkebunan di Indonesia, namun di sisi lain mematikan pengusaha-pengusaha pribumi yang bermodal kecil.
Walaupun sistem ini berdampak buruk, tetapi tetap dilaksanakan oleh Pemerintah Hindia Belanda, bahkan Pemerintah Belanda mengeluarkan Undang Undang yang tampaknya baik tetapi merugikan kaum pribumi , yakni Agrarische Wet serta Koelie Ordonantie. Dengan Undang Undang Koeli Ordonantie, para kuli yang dipekerjakan di Sumatra harus melakukan kontrak kerja. Bagi yang melarikan diri akan dikenai Poenale Sanctie dimana para pengusaha mempunyai wewenang menjatuhkan hukuman kepada kuli-kuli yang bekerja di perkebunan miliknya yang berusaha melarikan diri dari perkebunan.
Akhir abad ke 19, pemerintah kolonial Belanda mengeruk keuntungan yang sangat besar dari sistem ini, namun sebagian besar penduduk mengalami penderitaan lahir dan batin akibat penerapannya.
Penduduk Indonesia telah menyadari kekejaman colonial Belanda, sehingga membuat perlawanan dimana-mana. Tetapi colonial Belanda mempelajari budaya bangsa Indonesia dan memanfaatkan kelemahanya. Salah satu yang dilakukan oleh Belanda adalah memecahbelah kekuatan bangsa Indonesia dengan menerapkan politic devide of impera. Bersyukur pejuang Indonesia menyadari kelemahanya, sehingga pergerakan bangsa Indonesia menjadi satu pergerakan nasional , yang akhirnya dapat mencapai kemerdekaan tangal 17 Agustus 1945.
D. CAKRAWALA
Gambar peta Indonesia
|
Sumber : Ensiklopedia Encarta tahun 2006
Glossarium :
§ Archipelago : negara kepulauan
§ Ring of fire : sabuk api (deretan pegunungan muda yang masih aktif)
§ landrent system : sistem sewa tanah yang dijalankan pada masa kekuasaan
Gubernur Jenderal Raffles
§ cultuur stelsel / culture system / cultivation system : sistem tanam paksa /
kewajiban kepada rakyat di Jawa untuk menanam tanam-
tanaman yang jenisnya telah ditentukan oleh pemerintah
(tanaman-tanaman wajib yang laku dijual di Eropa)
§ Cultuur procenten : Hadiah / persen yang diberikan kepada para pamong praja yang
berjasa membantu menyukseskan praktek Cultuur Stelsel
(memaksa / memerintahkan para petani menanam sebanyak-
banyaknya tanaman ekspor yang laku di pasaran Eropa
§ Agrarische Wet : U U Agraria yang dibuat Belanda pada tahun 1870
(pedoman dasar bagi pelaksanaan Politik Pintu Terbuka)
E. AJANG PENDAPAT
WACANA :
Lirik lagu yang diciptakan Koes Plus di era tahun 70-an yang berjudul kolam susu sangat sesuai dengan gambaran keadaan alam Indonesia yang pada faktanya merupakan negara archipelago. Salah satu buktinya semua bangasa asing yang pernah berkunjung ke Indonesia pada umumnya menyatakan Indonesia merupakan negeri nan kaya dan subur bagaikan zamrud khatulistiwa.
Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika sejak dulu Indonesia menjadi ajang perebutan negara-negara Eropa seperti Portugis, Spanyol, Belanda, dan Inggris. Kesuburan tanah Indonesia terbentuk karena berada di kawasan ring of fire yang menyebabkan tersebarnya gunung berapi di hampir seluruh pulau, kecuali Pulau Kalimantan. Disamping itu, letaknya yang berada di garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis yang baik bagi kehidupan makhluk hidup. Tidak mengherankan bila Indonesia memiliki keanekaragaman hayati, yakni flora dan fauna. Bermacam-macam jenis tanah terhampar dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan hidup manusia.
Banyak dampak negatif yang dapat muncul sebagai akibat pengaruh kehadiran bangsa asing ke Indonesia. Berbagai penyimpangan sosial mulai muncul sebagai akibat lunturnya nilai dan norma yang telah ditanamkan nenek moyang kita terdahulu.
Berikut ini adalah salah satu contoh gambar penyimpangan sosial yang terjadi di kalangan remaja kita saat ini
|
Sumber : Wikipedia
Seandainya kalian melakukan perbuatan seperti di atas, berarti kalian telah membohongi orang tua dan telah melakukan penyimpangan terhadap nilai dan norma sosial serta merugikan diri sendiri dan masyarakat di lingkungan kalian.
1. Apa pendapat kalian tentang makna lagu “kolam susu” ?
2. Pernahkah daerah kalian didatangi oleh turis asing ? apa tujuan mereka datang ke daerah kalian ?
3. Apakah kedatangan turis asing tersebut membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat di sekitar daerah kalian ?
4. Bilamana ada, bagaimana pendapatmu tentang pengaruh yang dibawa oleh turis asing tersebut ?
DINAMIKA KELOMPOK
- Guru mengakomodir jawaban – jawaban siswa di papan tulis , dilanjutkan dengan
pengklasifikasian jawaban siswa.
- Siswa diminta berhitung dengan urutan 1 sampai 5 dan diulangi lagi sampai seluruh siswa mendapat nomor.
- Siswa yang menyebutkan nomor yang sama dikelompokkan dalam satu kelompok.
- Masing-masing kelompok diberi permasalahan yang sama.
- Ketua kelompok membagi anggotanya untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru.
- Setelah 15 menit, siswa mengerjakan permasalahan yang sama berkumpul dan berdidkusi menjadi satu team ahli dibidangnya
- Setelah 15 menit kemudian, siswa kembali ke kelompok semula dan menjadi ahli di kelompoknya dan melaporkan hasil diskusinya pada seluruh anggota.
- Persentasi per kelompok di bawah arahan kelompok.
F. EKSPRESIKAN DIRIMU
Tugas Mandiri :
Setelah kalian mempelajari tentang “ Sumber Daya Alam Negeri Kita “ ini, ekspresikan perasaan kalian dengan melalui puisi, gambar atau nyanyian.
Tampilkan hasil ekspresi kalian pada akhir presentasi kelompok kalian.
( Setelah seluruh kelompok tampil, guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk menampilkan 3 macam hasil ekspresinya ).
G. SIKAP PERILAKU BUDI PEKERTI YANG BISA DI AMBIL
1. Mensyukuri apa yang telah kita miliki dan bersikap bijak dalam mengelola
sumber daya alam yang ada.
2. Meningkatkan rasa cinta tanah air / nasionalisme sebagai bangsa Indonesia
3. Sebagai bangsa yang ramah, kita tetap bersikap terbuka terhadap bangsa
asing , tetapi kita tetap harus menyaring setiap pengaruh yang ditimbulkan
akibat kedatangan mereka.
H. INTISARI / RANGKUMAN MATERI
L. Geografis
Posisi geografis L. Astronomis
L. Geologis
Angin
Kaitan antara posisi muson barat
geografis dan iklim Angin
Kondisi fisik muson timur
wilayah Indonesia Jenis tanah
Asiatis
|
Flora dan fauna Peralihan
Australis
Pengertian penyimpangan
sosial
Sifat-sifat penyimpangan
sosial
Macam-macam penyimpangan sosial
Penyimpangan sosial
Faktor penyebab penyimpangan sosial
Akibat penyimpangan sosial
Upaya pencegahan penyimpangan
sosial
Pengertian kelangkaan S D A
Kelangkaan S D A Faktor penyebab kelangkaan S D A
Usaha mengatasi kelangkaan S D A
Munculnya / sebab-sebab
kedatangan bangsa Barat
ke Indonesia
Kolonoalisme dan
imperialisme Kebijakan pemerintah kolonial
Barat
Perlawanan terhadap kolonial
I. AYO BELAJAR
Evaluasi / Panilaian :
|
-
- Tunjukkanlah letak geografi wilayah Indonesia pada peta !
- Jelaskan hubungan posisi geografis dengan perubahan iklim di Indonesia !
- Tunjukkan pada peta, persebaran tipe fauna di Indonesia !
- Tunjukkan pada peta,persebaran jenis flora berdasarkan curah hujannya !
- Sebutkan 4 jenis tanah yang ada di Indonesia beserta persebarannya !
- Deskripsikan pengertian kelangkaan !
- Identifikasikan 2 akibat yang mungkin timbul akibat tidak meratanya sumber daya alam !
- Jelaskan 3 penyebab datangnya bangsa barat di Indonesia !
- Jelaskan 3 kebijakan pemerintah kolonial dan pengaruhnya terhadap kehidupan rakyat Indonesia !
- Beri 3 contoh perilaku masyarakat yang menyimpang dalam kaitannya dengan pemanfaatan sumber daya alam !
- Sebutkan 4 upaya pencegahan perilaku menyimpang dalam kaitannya dengan pemanfaatan sumber daya alam !
- Beri 3 contoh perilaku masyarakat yang menyimpang karena pengaruh kedatangan bangsa asing !
- Sebutkan 4 upaya pencegahan perilaku menyimpang yang diakibatkan oleh kedatangan bangsa asing !
J. SUMBER / REFERENSI.
1. Buku IPS Terpadu SMP Kelas VIII, 2 A dari PT. Yudhistira.
2. Peta Indonesia / Atlas.
3. Buku IPS untuk kelas VIII SMP dari PT Grafindo Media Pratama.
4. Ensiklopedia Encarta 2006.
5. Sumber lain yang relevan.
Malang, 22 Maret 2008.
Penyusun,
Kelompok 3.
LAMPIRAN 1 : Bahan Diskusi Kelompok
PERMASALAHAN
1. Jelaskan kondisi fisik wilayah Indonesia !
2. Jelaskan pengaruh kondisi fisik wilayah Indonesia terhadap kehidupan ekonomi rakyat Indonesia !
3. Mengapa pada masa lalu bangsa asing datang ke Indonesia ?
4. Jelaskan pengaruh kedatangan bangsa asing ke Indonesia !
5. Berilah contoh berbagai perilaku yang menyimpang yang diakibatkan oleh pengaruh kedatangan bangsa asing ke Indonesia beserta pencegahannya !
LAMPIRAN 2
DAFTAR PENILAIAN ASPEK PENERAPAN (PSIKOMOTOR DAN AFEKTIF)
PADA SAAT DISKUSI
No. |
Nama Siswa |
Penilaian |
Jumlah Skor |
Nilai |
||||
Kerjasama |
Keaktifan |
K B |
K M |
H L |
||||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
K B : Kemampuan bertanya
K M : Kemampuan menjawab
H L : Hasil laporan
Penilaian :
§ Nilai maksimum tiap point : 4
§ Skor maksimum : 20
§ Nilai akhir :
Nilai = Skor maksimum x 5
Tinggalkan komentar